Constraint

Dalam database, constraint merupakan aturan atau batasan yang diterapkan pada data yang disimpan di dalam tabel. Constraint digunakan untuk memastikan bahwa data yang disimpan memenuhi persyaratan tertentu sehingga integritas data dapat dipertahankan.

Jenis-jenis Constraint yang umum di gunakan:

  1. Not null: tidak ada nilai null yang terkandung dalam kolom. Batasan ini menentukan bahwa kolom tidak boleh memiliki NULL atau nilai kosong
  2. Unique: artinya setiap baris dalam kolom tertentu membutuhkan nilai yang unik. Constraint memastikan bahwa semua nilai yang dimasukkan ke dalam kolom akan menjadi unik. Sehingga kolom tidak dapat menyimpan nilai duplikat. 
  3. Primary key: kombinasi dari UNIQUE dan NOT NULL: kolom harus memiliki identitas yang unik. Constraint ini digunakan untuk mengidentifikasi setiap record dalam tabel secara unik. Jika kolom berisi batasan kunci utama, maka tidak boleh kosong. 
  4. Foreign key:  yang berarti integritas referensial SQL satu tabel cocok dengan tabel yang lain. 
  5. Check: Yang berarti kondisi yang ditentukan terpenuhi dalam nilai. Hal ini memastikan bahwa nilai yang dimasukkan dalam kolom harus dipenuhi dengan kondisi yang diberikan. 
  6. Default: merupakan nilai kolom stock. Constraint ini digunakan untuk menyetel nilai default untuk kolom tertentu di mana kami belum menentukan nilai apa pun. 
  7. Create index: digunakan untuk membuat indeks pada satu atau beberapa kolom dalam sebuah tabel database. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Constraint"

Posting Komentar