Data Types String

Di dalam data types, string adalah tipe data yang dipakai untuk merepresentasikan urutan karakter atau teks. String biasanya dipakai untuk merepresentasikan data yang berbentuk teks seperti nama, alamat, kalimat, atau kata-kata lainnya . String memiliki 12 jenis jenis tipe data. disini saya akan membahas beberapa jenis yang umum atau sering digunakan saja.

  1. VARCHAR: adalah tipe data yang dipakai untuk menyimpan teks atau karakter dengan panjang variabel. Panjang maksimum yang dapat disimpan dalam varchar bergantung pada implementasi sistem database yang digunakan. Keuntungan menggunakan tipe data varchar adalah memungkinkan penggunaan memori yang lebih efisien karena hanya memakan ruang sebanyak yang diperlukan untuk data yang disimpan
  2. CHAR: adalah tipe data yang digunakan untuk menyimpan karakter dengan panjang tetap. Panjang maksimum yang dapat disimpan dalam char bergantung pada implementasi sistem database yang digunakan. Perbedaan antara char dan varchar adalah bahwa char menyimpan karakter dengan panjang tetap, sedangkan varchar menyimpan karakter dengan panjang variabel. 
  3. TEXT: adalah sebuah kumpulan karakter yang membentuk suatu teks atau tulisan tertentu yang disimpan dalam variabel string pada program.
  4. SET: adalah kumpulan objek atau elemen yang unik dan tidak mempunysi urutan tertentu. Set mirip dengan list atau array, tetspi tidak mengizinkan duplikasi elemen dan tidak memperdulikan urutan elemen. Contoh, set {1, 2, 3} sama dengan set {3, 2, 1}.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Data Types String"

Posting Komentar