Relasi

relasi merupakan penghubung antar tabel satu dengan tabel lainnya yang mana tabel tersebut memiliki data yang berhubungan di dunia nyata untuk mengatur operasi suatu database. Pada sebuah database, relasi dihubungkan dengan cara memberikan satu kolom dengan value yang sama dengan tabel yang berhubungan, ini disebut foreign key.

1. Relasi one to one
Relasi one to one adalah jenis relasi antara dua set data, di mana setiap elemen di satu set data hanya dapat terhubung dengan satu elemen di set data lainnya, dan sebaliknya. Artinya, setiap elemen hanya memiliki satu pasangan di set data lainnya.
Relasi one to one sering kali digunakan dalam database relasional untuk membangun hubungan antara dua tabel, di mana setiap baris dalam satu tabel terkait dengan satu baris dalam tabel lainnya
2. Relasi one to many
Relasi one to many adalah jenis relasi antar entitas dalam database, di mana satu entitas di sisi satu dapat berhubungan dengan banyak entitas di sisi lainnya. Contohnya adalah ketika setiap pelanggan memiliki banyak pesanan dalam tabel orders. Dalam relasi ini, entitas di sisi satu memiliki kunci utama, yang digunakan sebagai kunci asing di sisi banyak
3. Relasi many to many
adalah jenis relasi antara dua entitas atau tabel di dalam basis data yang saling berhubungan. Pada jenis relasi ini, setiap entitas di dalam tabel pertama dapat berhubungan dengan beberapa entitas di dalam tabel kedua, begitupun sebaliknya. 
Contoh umum dari relasi many to many adalah relasi antara tabel mahasiswa dan tabel kursus di sebuah universitas. Setiap mahasiswa dapat mendaftar untuk beberapa kursus, dan setiap kursus dapat diambil oleh beberapa mahasiswa.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Relasi"

Posting Komentar