Normalisasi

Normalisasi adalah proses pengorganisasian data dalam sebuah database untuk mengurangi redudansi data dan meningkatkan efisiensi dan konsistensi dalam penyimpanan dan pengambilan data. Normalisasi dilakukan dengan memecah sebuah tabel menjadi beberapa tabel kecil yang berkaitan satu sama lain melalui relasi yang tepat. 
Fungsi-fungsi Normalisasi:
1. Meningkatkan Konsistensi Data: Normalisasi dapat membantu memastikan bahwa data dalam database konsisten dan memiliki format yang sama
2. Mengurangi Redundansi Data: Normalisasi dapat membantu mengurangi redundansi data dalam sebuah database. Misalnya, dengan mengorganisir data ke dalam beberapa tabel dan memisahkan informasi yang berkaitan dengan satu topik tertentu.
3. Meningkatkan Kinerja Database: Normalisasi dapat membantu meningkatkan kinerja database dengan mengurangi jumlah data yang perlu dicari dan diproses. Misalnya, dengan menyimpan data yang berkaitan dengan satu topik tertentu di satu tempat dan menggunakan kunci asing untuk menghubungkannya dengan data yang terkait.

Dalam sebuah Database Normalisasi memiliki beberapa tingkatan yang umum digunakan:
1. First Normal Form (1NF)
Di level ini, setiap kolom pada tabel hanya dapat memiliki satu nilai atau informasi saja. Tabel dianggap memenuhi 1NF jika setiap barisnya memiliki nilai unik dan tidak ada kolom yang memiliki beberapa nilai atau informasi
2. Second Normal Form (2NF)
Tabel dianggap memenuhi 2NF jika selain memenuhi 1NF, setiap kolom pada tabel bergantung pada seluruh kunci primer, bukan hanya pada sebagian kunci primer saja
3. Third Normal Form (3NF)
Tabel dianggap memenuhi 3NF jika selain memenuhi 2NF, tidak ada ketergantungan fungsional antar kolom non-kunci pada tabel. Dengan kata lain, setiap kolom non-kunci harus bergantung secara langsung pada kunci primer.
4. Fourth Normal Form (4NF)
Tabel dianggap memenuhi 4NF jika tidak ada ketergantungan multivalued pada tabel. Dalam hal ini, tabel harus dipecah menjadi beberapa tabel yang lebih kecil untuk menghindari duplikasi data dan mempercepat kinerja database.
5. Fifth Normal Form (5NF) atau Project-Join Normal Form (PJNF)
Level normalisasi terakhir adalah 5NF atau PJNF, yang menghilangkan semua ketergantungan join yang tidak perlu pada tabel. Tabel-tabel yang memenuhi level ini terdiri dari relasi proyeksi dan gabungan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Normalisasi"

Posting Komentar