Database

 

Database merupakan suatu kumpulan data yang terorganisir dan tersimpan dalam komputer atau sistem informasi lainnya. Data tersebut dapat berupa teks, angka, gambar, suara, atau jenis data lainnya. 

Database umumnya digunakan untuk menyimpan dan mengelola data dalam sebuah aplikasi atau sistem informasi, sehingga data dapat diakses dan digunakan secara efisien. Ada banyak sekali jenis database, ada database relasional, database NoSQL, database graf, dan lain-lain, dengan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan dalam hal penyimpanan dan pengolahan data.

Komponen Database

1. Data

Data adalah file-file yang berisi informasi baik teks, logs, gambar, dan lainnya. Di dalam database kemudian data akan disimpan dengan struktur tertentu sehingga mudah dikenali

Struktur tersebut terdiri dari:

  • field : satuan informasi yang rinci, nama produk, stock, harga dan lainnya
  • record : kumpulan dari field yang membentuk satu informasi unik seperti, harga dari suatu produk
  • table : kumpulan dari record terdiri dari isi sebuah file
  • database : kumpulan dari record dan table

2. Hardware

Hardware adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan dan mengelola data

3. Sistem operasi

Sistem operasi memiliki tugas atau bertanggung jawab atas semua sistem yang ada di komputer

4. Database Management Sistem (DBMS)

DBMS adalah aplikasi pengelola database. Dengan DBMS lebih memudahkan kita ketika menginput dan mengupdate data

5. Database Access Language

Database Access Language adalah bahasa yang digunakan untuk menulis perintah, seperti mengakses, menambah, memperbarui, dan menghapus data di dalam database.

Jenis-Jenis Database

1. Operational Database

Database Access Language adalah bahasa yang digunakan untuk menulis perintah, seperti mengakses, menambah, memperbarui, dan menghapus data di dalam database.

Contoh Operasional Database: Microsoft SQL Server, AWS Dynamo, Apache Cassandra, dan MongoDB

2. Relational Database

Kenapa dinamakan relational, karena data disimpan dalam beberapa tabel yang saling terkait atau berhubungan (membentuk relasi).

Contoh Relational Database: MySQL, PostgreSQL, MongoDB, MariaDB, Oracle Database, IBM DB2, SAP HANA, MemSQL, Interface, dan Firebid

3.NoSQl

NoSQL atau Not Only SQL adalah database non-relational. Artinya, data yang dapat tersimpan bukan hanya berbentuk tabel, melainkan juga data tipe lainnya. Database ini biasa digunakan oleh website atau aplikasi yang membutuhkan pemakaian fleksibel, seperti Google dan Facebook.

4. Distributed Database 

Sesuai namanya, distributed database merupakan sistem penyimpanan yang terdistribusi. Artinya, data disimpan dalam beberapa komputer di tempat yang sama dan dihubungkan melalui jaringan

Contoh Distributed Database: Apache Ignite, Apache Cassandra, Apache HBase, Couchbase Server, Dll

5. Database Warehouse

Database Warehouse adalah sistem database yang sering kali digunakan untuk pelaporan dan analisis data. Biasanya, bidang business intelligence menggunakan database ini sebagai pusat data sebelum diolah

Contoh Database Warehouse:Microsoft access (ofice), dan Oracle

6. End-User Database

End-User Database artinya semua data dapat diakses, dikelola, dan dikembangkan oleh pengguna. Data yang sudah berinteraksi dengan end-user biasanya data siap pakai. Artinya, data bisa dibaca oleh manusia, sudah bukan berupa data pemrograman lagi. Misalnya, spreadsheet, dokumen, dan lainnya.

Contoh End-User Database: SQLite

7. Cloud Database

Cloud Database merupakan sistem yang menyimpan data secara virtual bukan disimpan dalalm server fisik

Contoh Cloud Database: Amazon Web Service, Microsoft Azure, Oracle Database

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Database"

Posting Komentar